RELASI PELOPORI 10 BASIS PEMILIH Keterangan Foto : Ketua KPU Kabupaten Melawi Dedi Suparjo dan anggkota komisioner beserta para relawan demokrasi dalam pemilu tahun 2019.

RELASI PELOPORI 10 BASIS PEMILIH

Redaksi KPU Kab. Melawi,

NANGA PINOH—Sebanyak 55 peserta relawan demokrasi (Relasi) antusias mengikuti bimbingan teknis tentang partisipasi pemilih dalam pemilihan umum tahun 2019 dilingkungan pemerintah Kabupaten Melawi.

 Bimtek relasi ini diikuti 10 (sepuluh) basis pemilih yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Melawi. Serta bimtek relasi juga dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Melawi dan para tamu undangan dari Bawaslu Kabupaten Melawi dan Polres Melawi.

 “Para relawan demokrasi telah melakukan ikrar janji. Tujuannya agar mereka dapat memegang tegung integritas dan netralitas dalam pemilihan umum tahun 2019,” ucap Ketua Komisoner KPU Kabupaten Melawi Dedi Suparjo, Selasa (22/1).

 Menurut dia, pentingnya integiritas dan netralitas sebagai relawan demokrasi guna menjaga kepercayaan publik dan peserta pemilu. Sehingga pelaksanakan pesta demokrasi yang dilaksanakan lima tahun sekali ini dapat berjalan dengan aman, tertib dan terkendali dengan baik di tengah masyarakat.

 “Kami juga mengharapkan relawan demokrasi dapat menjadi pelopor dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Serta memegang teguh integritas dan netralitas sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku tentang pemilihan umum,” tegasnya.

 Sementara Komisioner KPU Kabupaten Melawi Airin Fitriansyah menambahkan 10 basis pemilih yang mengikuti bimtek juga dibekali dengan materi tentang kepemiluan, id card dan pakaian seragam relawan demokrasi.

 “Materi bimtek relasi tentang kepemiluan ini disampaikan langsung para komisioner KPU Melawi. Serta acara bimtek relasi juga dihadiri tamu undangan dan para wartawan juga ikut menyaksikan kegiatan bimtek relawan demokrasi,” tuturnya.

 Ia melanjutkan pembekalan materi bimtek ditujukan kepada 10 (sepuluh) basis relawan demokrasi. Antara lain basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan dan pemilih penyandang disabilitas. Selanjutnya basis pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marjinal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet.

 “Kami mengharapkan bimtek relasi yang diberikan kepada relawan demokrasi dapat dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Terutama kesepuluh basis pemilih ini dapat mensosialisasikannya dalam lingkungan masyarakat Kabupaten Melawi,” imbuh Komisioner KPU Kabupaten Melawi Divisi SDM dan Parmas. (Red-Parmas)