Pindah Memilih 30 Hari Sebelum Pemungutan Suara Keterangan Foto :

Pindah Memilih 30 Hari Sebelum Pemungutan Suara

Redaksi KPU Kab. Melawi - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Melawi  Divisi Program, Data dan Informasi Wenefrida K. Wati mengingatkan masyarakat yang berencana pindah memilih untuk mempersiapkan diri berikut syarat-syaratnya.

Pindah memilih sendiri diperbolehkan dalam pemilu selama pemilih tersebut terdaftar dalam DPT dan melaporkan keinginannya tersebut kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) didesa/kelurahan atau KPU Kab/kota asal atau tempat tujuannya pindah memilih Kesempatan untuk mengurus pindah memilih dapat dilakukan 30 hari sebelum hari pemungutan suara, 17 April 2019,

“Artinya, bagi pemilih yang ingin pindah memilih, harus menngurus proses administrasi paling lambat 18 Maret 2019,” kata wenefrida k. wati

Adapun pada proses pindah memilih, nantinya pemilih akan mendapatkan formulir A5 sebagai bukti yang bersangkutan telah pindah memilih. Usai diberikan formulir tersebut maka nama yang pemilih ditempat asal akan dihapus dan dipindahkan ke tempat dimana pemilih tersebut menginginkan. Formulir A5 juga digunakan pemilih saat memberikan hak suaranya nanti.

“Mekanisme tersebut telah diatur dalam PKPU 37 tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Komisi PemilihanUmum Nomor 11  tahun 2018 tentang penyusunan daftar pemilih didalam negeri dalam penyelengaraan Pemilihan Imum ,” tutup Wenefrida K. Wati.