KPU Kabupaten Melawi, Melaksanakan Pendidikan Pemilih di SMA Bhakti Setia Nanga Pinoh Keterangan Foto :

KPU Kabupaten Melawi, Melaksanakan Pendidikan Pemilih di SMA Bhakti Setia Nanga Pinoh

Redaksi KPU Kabupaten Melawi,

Program pendidikan pemilih yang dicanangkan oleh KPU RI “Jadilah Pemilih yang cerdas dan berintegritas”, dilaksanakan oleh jajaran KPU Kabupaten Melawi bagi Pemilih Pemula dan Pra Pemilih di SMA Bhakti Setia pada tanggal 19 Juli 2017 lalu. Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Melawi, Yovinus, beserta staff dari Sekretariat KPU Kabupaten Melawi mendapat kesempatan kedua setelah sosialisasi tentang Narkoba dan kenakalan remaja yang disampaikan dari Polres Melawi.

Ditegaskan oleh  Yovinus (Divisi Parmas dan SDM KPU Kabupaten Melawi), bahwa baik-buruknya seorang pemimpin di masa depan di setiap tingkatan itu ditentukan oleh para pemilih. Jadi seorang pemilih yang cerdas dan berintegritas itu sangat penting, karena kalau seseorang pemilih salah pilih maka masa depan bangsa ini jadi taruhannya. Cerdas artinya bisa memilih mana pempimpin yang amanah dan memikirkan kepentingan bangsa dan negara, sedangkan berintegritas artinya tidak bisa dipengaruhi oleh apapun termasuk SARA, ancaman, dan suap, pungkas beliau. Sehingga para pemilih pemula dan pra pemilih wajib memahami hal hal berkenaan dengan pemilihan ini sejak dini. Lebih lanjut lagi beliau menekankan arti pentingnya 4 pilar kebangsaan yaitu dasar Negara Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Tidak lupa juga beliau mengingatkan, bahwa sebagai pemuda-pemudi harapan bangsa, selain sebagai pemilih maka para siswa-siswi ini perlu juga mempersiapkan diri menjadi kader-kader pemimpin di masa depan.

Selain acara yang materinya disampaikan secara kocak dan menggunakan bahasa anak muda oleh ketua Divisi Parmas ini, di isi juga dengan acara tanya jawab yang diikuti dengan penuh antusias oleh para peserta yang terdiri dari kelas 2 dan 3 tersebut. Sebagai penutup dari acara pendidikan pemilih ini, KPU Kabupaten Melawi memberikan cendera mata berupa sebuah jam dinding yang bertuliskan “Menuju Pemilih Yang Cerdas dan Berintegritas”.